Jenis-Jenis Mesin Genset

Seiring dengan perkembangan teknologi, manusia semakin tergantung dengan listrik. Sebagian besar benda-benda yang digunakan sehari-hari juga menggunakan tenaga listrik. Mulai dari baterai gadget, perabotan rumah tangga seperti televisi, AC, mesin cuci, dan kulkas, hingga alat-alat industri dan mesin yang digunakan di pabrik.

Saat terjadi pemadaman listrik, bisa dipastikan semua aktivitas akan lumpuh dan terganggu. Di saat inilah dibutuhkan mesin genset yang bisa mengubah energi lain menjadi listrik dan tetap dapat digunakan sebagai sumber daya berbagai peralatan. Ada banyak jenis-jenis genset yang tersedia di pasaran, antara lain:

Mesin Genset Gas

Seperti namanya, mesin genset ini menggunakan gas sebagai sumber energi utama. Ada beberapa jenis gas yang bisa digunakan untuk jenis mesin genset ini, antara lain LPG atau Liquid Petroleum Gas dan CNG atau Compressed Natural Gas. Penggunaan LPG dianggap lebih praktis karena mudah didapatkan dan gampang dipasang. Sedangkan pemakaian CNG membutuhkan infrasturukturdari pipa gas dan harganya juga lebih mahal.

Mesin Genset Diesel

Di antara jenis-jenis mesin genset yang ada di pasaran, tipe ini termasuk yang paling banyak digunakan. Mesin genset ini merupakan perpaduan dari mesin diesel dengan generator sehingga bisa menghasilkan aliran listrik. Mesin genset diesel ini bisa berfungsi dengan beberapa jenis bahan bakar seperti gas, minyak, ataupun gasoline. Kapasitas yang disediakan oleh mesin genset ini cukup besar, mulai dari 5 ribu hingga 2 juta watt.

Anda bisa menemukan genset jenis diesel di berbagai merek, salah satunya adalah genset Cummins, untuk harga jual genset Cummins tergantung dengan besaran watt namun memang harganya sedikit mahal dari merek yang lainnya karena kualitas nya yang telah teruji dan mampu bertahan cukup lama dalam jangka waktu hingga puluhan tahun.

Mesin Genset Solar

Mesin yang satu ini lazim digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di tempat umum sepertiperkantoran atau hotel. Biasanya, mesin genset ini diletakkan di atap bangunan karena membutuhkan energi dari sinar matahari. Mesin genset ini dilengkapi dengan solar panel yang akan mengubah sinar matahari menjadi energi. Alat ini bisa digunakan untuk mengisi daya perlatan elektonik tingkat tinggi seperti AC dan water heater.

Mesin Genset Portable

Saat membutuhkan aliran listrik di luar ruangan, mesin genset ini merupakan pilihan yang tepat. Dengan bentuk kecil, sederhana, dan bobot ringan, mesin genset ini bisa dimasukkan ke dalam mobil dan digunakan di tempat terbuka. Pas dijadikan sumber listrik saat acara-acara outdoor yang membutuhkan pencahayaan ataupun pengeras suara. Mesin genset ini bisa juga dibawa untuk berkemah karena sangat praktis dan mudah digunakan.

Mesin Genset Turbin

Dibandingkan jenis-jenis mesin genset lainnya, tipe ini tergolong yang memiliki kekuatan paling besar dengan daya di atas 2 juta watt. Hanya saja, dibutuhkan turbin yang berfungsi sebagai sumber energi dan harus dibangun pada tempat yang tepat. Turbin yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya saja turbin angin, turbin air, dan turbin uap. Turbin ini nantinya akan menggunakan tenaga angin, air, atau uap untuk memutar mesin. Kekuatan putaran tersebut kemudian disalurkan pada generator untuk menghasilkan listrik.

Mesin Genset Urine

Mesin generator unik ini ditemukan oleh empat anak dari Afrika yang masih berusia 15 hingga 15 tahun. Alih-alih menggunakan bahan bakar gas atau minyak, mesin genset ini justru digerakkan oleh urine alias air kencing. Untuk menghasilkan listrik yang terus mengalir selama 6 jam non stop, dibutuhkan sekitar 1 liter urine.

Banyaknya jenis-jenis mesin genset tentu mempermudah manusia untuk tetap beraktivitas seperti biasa saat sedang terjadi pemadaman listrik. Terlebih lagi untuk pemilik industri dan tempat usaha, mesin genset merupakan salah satu alat yang tidak bisa disepelekan keberadaannya.

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS